Home Opini Para ilmuwan telah menemukan masalah mengejutkan dengan pola makan bebas gula

Para ilmuwan telah menemukan masalah mengejutkan dengan pola makan bebas gula

5
0


Menghentikan penggunaan gula sepenuhnya mungkin tidak membawa manfaat seperti yang dipikirkan banyak orang. Penelitian baru yang dipresentasikan pada hari Sabtu di ENDO 2026, pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin di Chicago, menunjukkan bahwa menghilangkan gula sepenuhnya dari makanan dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada kesehatan usus dan metabolisme.

Para peneliti di Dasman Diabetes Institute di Kuwait meneliti apa yang terjadi ketika tikus diberi makanan rendah lemak yang tidak mengandung sukrosa, suatu bentuk gula yang umum. Studi tersebut membandingkan hewan-hewan ini dengan kelompok kontrol yang diberi makanan rendah lemak yang mengandung sukrosa selama periode 16 minggu.

“Menghilangkan sukrosa sepenuhnya dari pola makan rendah lemak secara tidak terduga dapat mengganggu kesehatan usus dan meningkatkan peradangan serta disfungsi metabolisme, menekankan bahwa pola makan seimbang lebih penting daripada sekadar menghilangkan gula,” kata Rasheed Ahmad, Ph.D., ilmuwan senior dan kepala Departemen Imunologi dan Mikrobiologi di Dasman Diabetes Institute, Kuwait City, Kuwait. Lembaga ini didirikan oleh Yayasan Kuwait untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan.

Diet Bebas Gula Terkait dengan Perubahan Metabolik

Untuk menilai efek menghilangkan sukrosa, peneliti mengukur toleransi glukosa, sensitivitas insulin, sirkulasi hormon metabolisme, mikrobioma usus, dan peradangan usus besar dan hati.

Meskipun mempertahankan berat badan yang sama, tikus yang menjalani diet bebas sukrosa mengalami beberapa perubahan kesehatan yang negatif dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini termasuk kontrol gula darah yang buruk, resistensi insulin, ketidakseimbangan mikroba usus, peradangan usus, dan perubahan yang terkait dengan penyakit hati berlemak.

“Hasilnya menunjukkan bahwa menghilangkan sukrosa sepenuhnya dari pola makan rendah lemak dapat berdampak negatif pada mikrobiota usus dan kesehatan metabolisme,” kata Ahmad. “Studi ini menyoroti pentingnya menjaga pola makan karbohidrat seimbang untuk mendukung homeostasis usus dan kekebalan tubuh.”

Mikrobioma usus dan keseimbangan makanan

Menurut para peneliti, sedikit yang diketahui tentang dampak potensial dari diet rendah lemak yang sangat ketat dan menghilangkan gula sepenuhnya.

“Penelitian ini dapat mempengaruhi rekomendasi pola makan di masa depan dengan menekankan pentingnya menjaga kesehatan mikrobioma usus daripada hanya berfokus pada pembatasan gula,” kata Ahmad. “Dalam jangka panjang, hasil ini dapat membantu meningkatkan strategi pencegahan dan pengelolaan gangguan metabolisme, perlemakan hati, dan penyakit inflamasi kronis.”

Tim yakin temuan ini menyoroti perlunya mempertimbangkan keseimbangan pola makan secara keseluruhan, dibandingkan hanya berfokus pada pengurangan asupan gula.

“Studi seperti ini mencerminkan komitmen lembaga kami untuk memajukan penemuan ilmiah berbasis bukti yang meningkatkan hasil kesehatan masyarakat dan memperdalam pemahaman kita tentang penyakit metabolik,” kata Faisal Hamed Al-Refaei, MD, penjabat direktur jenderal Dasman Diabetes Institute.